BUMdes Percantik Bukit Sentono Genthong di Pacitan

Facebook
Twitter
Google+
WhatsApp

PACITAN - Kabut tipis perlahan turun, namun angin kencang terasa menyergap saat senja datang di Bukit Sentono Genthong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Hamparan panorama teluk Pantai Telang Ria tampak indah menawan. Menyihir pengunjung yang berada di atas bukit.

Inilah destinasi baru yang ditawarkan Pacitan. Keindahan itu pun serta merta membuat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo turut mempromosikannya.

"Pemandangannya luar biasa, ayo kunjungi Bukit Sentono Genthong di Pacitan yang dikelola oleh BUMDes," ajaknya saat mengunjungi objek wisata ini,Selasa (26/6).

Menurutnya, sektor pariwisata paling cepat dalam pertumbuhan ekonomi. Dirinya pun mengajak desa desa untuk mengembangkan BUMDes dan memberikan bantuan permodalan tiap BUMDes Rp 50 juta.

Sementara itu, Kepala Desa Dadapan, Ismono mengatakan wisata Bukit Sentono Genthong merupakan salah satu unit usaha BUMDes Tugu Kuning.

"Dari wisata ini sudah beromzet Rp.540 juta. Yang penting pemberdayaan masyarakat jalan dan masyarakat bisa mendapat hasil dari BUMDes ini. Ada 50 orang pengurus. Mudah-mudahan semakin luas dan terkenal," ujarnya optimistis.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama BUMDes Tugu Kuning Wahyu Ariwibowo menyebutkan bahwa andalan wisata ini adalah menjual view Pacitan dari atas Bukit.

"Karena pemandangan luar biasa masyarakat musyawarah untuk menjadi tempat wisata. Kedepnnya terus ada inovasi biar tidak bosen," ungkapnya.

Wisata ini mulai dibuka dari Oktober 2017 dan mulai dikelola BUMDes pada tahun 2018.
Wisata di atas area 6.358 km ini merupakan tanah kas desa, dulunya sebagai tempat pertapaan.

Fasilitasnya kamar mandi, mushola, akses jalan sudah dirabat, tempat parkir, shuttle wisata. 10 ribu tiket masuknya

Facebook
Twitter
Google+
WhatsApp
sebelumPadat Karya Tunai Di Pacitan Buka Akses Pasar Bagi Masyarakat Desa
berikutKemendes PDTT, Tingkatkan Kapasitas Penyusun Naskah Kerjasama Internasional Untuk Menjawab Tantangan Global

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here