Setjen Memegang Peran Penting Dalam Organisasi Kementrian

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo memastikan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendes memegang peran strategis dalam organisasi kementerian.

Oleh karenanya, menteri Eko pun memberikan dua hal yang menjadi faktor kunci keberhasilan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Setjen yang memengaruhi pencapaian sebagian besar unit kerja di dalam kementerian.

Pertama, pastikan apa tujuan yang hendak dicapai oleh kementerian. Kedua, pengawasan kepada seluruh Unit Kerja Eselon 1 lainnya.

"Cek di Renstra (rencana strategis) targetnya apa. Setjen kontrol UKE lain supaya tidak melenceng dari renstra. Kedua, monitoringnya. Buktikan kita bukan kementerian underdrop. Kita harus membangun super team," tegasnya, mengutip laman Kemendes, Jumat (23/2/2018).

Menteri menyampaikan hal tersebut kepada jajaran Setjen dalam Rapat Kerja Sekretariat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Jakarta, Kamis (22/2) kemarin sore.

Kemudian Menteri Eko pun menganalogikan kerja Setjen memiliki fungsi yang diibaratkan seperti rel dalam sebuah rangkaian kereta.

"Sekretariat Jenderal (Setjen) merupakan satu unit kerja yang begitu penting. Kalau kereta, ibarat relnya. Fungsinya untuk memastikan semua unit kerja 'on the track' supaya sampai ke tujuan," ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here