Potensi Wisata Di Desa Maniskidul Tidak Kalah Menarik Dari Ponggok

Desa Maniskidul, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat merupakan salah satu yang memanfaatkan sektor wisata sebagai sumber penghasilan utamanya.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid mengaku takjub dengan Wisata Cibulan di Desa Maniskidul.

Menurutnya, objek wisata Desa Maniskidul tidak kalah menarik dari Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

"Pertama kali datang di Kuningan dan langsung datang di objek wisata Cibulan ini masuk wilayah desa Maniskidul kami merasa takjub, ini luar biasa sekali," ujarnya di lokasi.

Sektor pariwisata di Desa Maniskidul menghasilkan keuntungan sebesar Rp1,8 Milyar pertahun. Objek wisata Cibulan terdiri dari kolam permandian ikan dewa dan patilasan Prabu Siliwangi yang terdapat tujuh sumber mata air.

Banyak pengunjung yang datang setiap akhir pekan sekedar untuk rekreasi dan ziarah. Pada acara tertentu seperti libur sekolah, libur tahun baru, libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru pengunjung bisa tiga sampai lima kali lipat dari hari biasa atau bisa mencapai 2 ribu pengunjung.

Dengan harga tiket yang terjangkau yakni untuk dewasa Rp17 ribu dan untuk anak-anak Rp12 ribu membuat banyak pengunjung tertarik untuk datang.

"Seiring dengan berjalannya waktu ya dibangun infrastruktur," ujar Sadiman.

Harapannya, dengan kedatangan rombongan Jelajah Desa Ramadhan 2018 dari kemendes PDTT. Mampu membantu dan melihat secara langsung kehidupan perekonomian di desa Maniskidul yang semakin berkembang.