Minum Kopi 9 Gelas Perhari Mendes PDTT Eeko Putro Sandjojo Bikin Kaget Pengunjung Festival Kopi

JAKARTA - Kamis malam (19/7), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggaldan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menghadiri peresmian festival kopi nusantara di Bentara Budaya, Jakarta. Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan pecinta kopi tersebut mereka dikagetkan dengan pengakuan Menteri Eko yang rutin mengkonsumsi kopi hingga 9 gelas per hari.

"Saya minum kopi bisa sampai 9 gelas per hari. Tapi kalau terlalu banyak minum kopi itu harus diimbangi minum susu untuk menghindari tulang keropos," ujarnya.

Menteri Eko mengapresiasi kegiatan yang memamerkan ragam kopi nusantara yang digelar oleh Harian Kompas tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut akan meningkatkan animo masyarakat untuk menikmati kopi, serta mendatangkan kurator-kurator kopi Indonesia.

"Bayangkan kopi luwak harganya mahal sekali. Kalau ada kurator akan menjadi lifestyle dan paling penting bisa mendapatkan pendapatan lebih kepada para petani kopi di desa," ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk pengembangan produk kopi. Terlebih jenis kopi yang tumbuh di tanah Indonesia bervatiatif dengan kualitas yang baik pula. Bahkan salah satu kopi terkenal dunia dari Amerika, 60 persen kopinya berasal dari Indonesia.

Meski demikian menurutnya, selain dari sisi produksi dan kemasan kopi Indonesia, perlu adanya variasi penyajian untuk meningkatkan nilai tambah. "Sekarang bagaimana kita bisa meningkatkan nilai tambah kopi. Karena kopi kalau hanya disajikan kopi tubruk saja, itu value-nya kecil sekali," ujarnya.

Terkait pergelaran festival kopi nusantara tersebut Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan, bertujuan untuk mengajak generasi muda Indonesia agar lebih mengenal tanah air. Karena menurutnya bercerita soal kopi, maka juga bercerita soal Indonesia itu sendiri.

"Indonesia sangat kaya akan kopi. Kita akan menggali dan berbagi cerita soal kopi. Dalam festival ini juga digelar pameran foto yang menggambarkan bagaimana petani-petani kopi kita di desa," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut Menteri Eko meresmikan festival kopi nusantara dengan melakukan penandatanganan bersama Direktur Keuangan BRI Haru Koesmajargyo dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Setelah meresmikan festival kopi nusantara yang akan digelar selama tiga hari ke depan tersebut Menteri Eko berkeliling menjajal ragam jenis kopi yang dipamerkan dari berbagai daerah. Ia juga mengunjungi pameran foto bertema kopi di lokasi tersebut.(*)