Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo Meraih penghargaan ‘BEST ACHIEVER IN MINISTRY’ Obsession Award 2018

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, meraih penghargaan untuk kategori Best Achiever In Ministies dalam ajang Obsession Award 2018 yang diadakan di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (22/2) sore kemarin.

Dalam ajang yang digelar oleh Obsession Media Group (OMG), Eko Putro Sandjojo mendapat penghargaan bergengsi tersebut, karena dinilai sebagai tokoh nasional yang telah menunjukan dedikasi pada bidangnya masing-masing, memiliki keteladanan, inspiratif dan inovatif.

”Harapannya, mudah-mudahan peraihan penghargaan ini, akan lebih memberikan semangat kepada mereka. Juga kita semua, karena mereka mulai dihargai,” tegas Ekoseusai menerima penghargaan kepada awak media.

​Ditambahkan dia bahwa dari penghargaan tersebut, semoga dapat lebih memotivasi dirinya untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

Selaku Menteri Desa PDTT, ia tak sepihak di dalam menerima penghargaan Obsession Award 2018 dari OMGEko menegaskan juga mendedikasikan penghargaan tersebut untuk jajarannya. Sebab dengan peran mereka berbagai pencapaian kementerian diraih.

 

“Saya mendapat penghargaan tentu dalam kapasitas saya sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Ini akibat kerja keras seluruh karyawan kementerian, para bupati, gubernur, dan kepala desa. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk mereka semua,” ujarnya kepada sejumlah wartawan usai menerima penghargaan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh UGM dan IPB, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah mampu melebihi target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015-2019 untuk mengentaskan sebanyak 5000 desa tertinggal menjadi desa berkembang. Sebab hingga saat ini, desa tertinggal yang berhasil naik menjadi desa berkembang telah lebih dari 12.000 desa.

“Tapi nanti untuk lebih persisnya kita akan lihat hasil sensus dari BPS yang akan dimulai Bulan April ini,” ujarnya.

Menurutnya, pengentasan desa tertinggal tersebut tidak lepas dari program dana desa yang digulirkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menyalurkan dana langsung ke desa. Yang mana dalam kurun waktu empat tahun ini (2015-2018), dana desa yang disalurkan lebih dari Rp187 Triliun.

“Kemiskinan di desa turun 4,5 persen walaupun dunia ada krisis ekonomi. Stunting juga menurun 10 persen. Jadi indikator-indikatornya membaiklah,” ungkapnya.

Di sisi lain, Founder of Obsession Media Group (OMG), Usamah Hisyam mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada beberapa tokoh nasional dalam Obsession Awards tersebut telah melalui rangkaian seleksi dengan kriteria ketat. Penetapan pemenang juga telah melalui riset yang dilakukan oleh Indonesia Research and Survey (IReS).

"Obsession awards bukan basa basi. Yang kita pilih dengan kriteria yang ketat, melalui riset. Karena kami memberikan anugerah untuk mengapresiasi kinerjanya untuk bangsa dan negara,” ujar Usamah.

Menteri Eko adalah salah satu dari empat menteri lain yang mendapatkan penghargaan sama yakni Menteri Pariwisata, Arief Yahya; Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Yohana Susana Yambise Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here