Inovasi kunci pengembangan Desa

Desa Inovatif adalah desa yang warga masyarakatnya mampu mengenali,
mengatasi serta memanfaatkan cara-cara baru dalam mengatasi masalah dan meningkatkan perekonomiannya dengan cara menggunakan teknologi yang ada di sekitar lingkungannya secara mandiri.

Untuk memperkuat Desa inovatif dibutuhkan dukungan berbagai pihak untuk membentuk masyarakat desa pada perikehidupan yang layak, makmur, dan sejahtera.
Program Inovasi Desa (PID)  salah upaya untuk  mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan Desa, merevitalisasi peran pendamping desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan semangat kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur Desa.
Melalui Program Inovasi Desa, desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. Pola ini akan mendorong kepala desa untk lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana  Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.
Manfaat Inovasi Desa
  1. Untuk melindungi individu, kelompok atau kelembagaan yang melakukan inovasi;
  2. Memacu kreativitas Desa untuk meningkatkan daya saing dan keunggulannya; dan
  3. Untuk meningkatkan jaminan pelayanan publik yang disediakan pemerintah Desa.
Selain itu Inovasi Desa diharapkan mampu  memberikan kontribusi dalam peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan kepada masyarakat, mendorong kohesi sosial dan mencegah terjadinya konflik kepentingan dan berorientasi pada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka, dapat memenuhi nilai-nilai kepatutan, nampu dipertanggungjawabkan hasilnya, dan dapat mendorong pemanfaatan bagi perbaikan kehidupan masyarakat.
Belajar dari pengalaman dalam pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan, maka. Semoga dengan kehadiran program Inovasi Desa membawa perubahan bagi Desa, bukan sekadar ikon! (Diolah dari Modul PID 2017)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here